Indramayu Kota Minyak

Indramayu Kota Minyak - Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya alam terbesar, baik sumber daya yang bisa diperbarui maupun yang tidak bisa diperbaharui seperti minyak dan gas alam. Indonesia menduduki peringkat ke-25 negara potensi minyak terbesar dengan cadangan minyak sebesar 4,4 miliar barrel. Dan berada di posisi ke-21 sebagai penghasil minyak mentah terbesar di dunia yakni sebanyak 1 juta barrel per hari, dan menduduki peringkat ke-2 sebagai pengekspor LNG terbesar yaitu 29,6 bcf.

Minyak dan gas ( migas ) merupakan kebutuhan primer manusia pada zaman sekarang. Setiap hari kita pasti menggunakan migas untuk keperluan sehari - hari. Banyak kegiatan yang secara langsung bersinggungan dengan migas, seperti misalnya kita berkendaraan memakai BBM, untuk keperluan memasak kita menggunakan LPG.

Banyak daerah penghasil migas di Indonesia. Dari sabang sampai merauke. Baik di darat, di laut, di hutan dan dain - lain. Tapi pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan tentang salah satu kota kecil di Jawa Barat penghasil migas yaitu Indramayu


Eksplorasi Migas

Eksplorasi & Produksi

Salah satu penghasil migas adalah kota tercinta tempat kelahiran saya yaitu Indramayu. Ternyata indramayu mempunyai banyak lapangan migas yang mengandung "emas hitam" ini. Mulai dari kegiatan hulu sampai hilir migas ada di Indramayu.Untuk lokasi sumur eksplorasi dan produksi tersebar di berbagai daerah Indramayu, diantaranya adalah di mundu, losarang, patrol, sukra, haurgeulis, jatibarang dll. Lapangan jatibarang misalnya pada evaluasi kinerja semester pertama 2015. Dari 34 sumur di Field Jatibarang ini, 20 sumur minyak aktif di Field Jatibarang mencatatkan total produksi migas sebesar 10.600 barel setara minyak per hari (BOEPD) sumber berita bisa lihat disini.



Kilang Balongan 
Pengolahan

Untuk urusan pengolahan migas, Indramayu ternyata punya 2 kilang pengolahan. Pertama adalah milik PT PERTAMINA ( PERSERO ), mungkin sebagian kita sudah banyak yang tahu.
Kilang Balongan begitulah kita biasa menyebutnya, kilang tersebut mengolah minyak mentah menjadi produk siap pakai seperti Premium, Solar, Pertamax dll. Produksi tersebut untuk konsumsi domestik wilayah jawa barat dan sebagian lagi didistribusikan untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten. Untuk info lebih lanjut tentang Kilang balongan bisa lihat disini.


PT Sumber Daya Kelola, Losarang
Kilang kedua adalah kilang milik swasta ( PT Sumber Daya Kelola ), mungkin ini banyak yang tidak tahu ternyata di Indramayu ada kilang mini. Lokasinya ada di losarang, Indramayu. Kilang ini hanya mengolah LPG ( Liquified Petroleum Gas ) saja untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, lihat penjelasan selengkapnya tentang kilang swasta tersebut klik disini.


Depot LPG


Depot LPG Balongan
Di Indramayu juga terdapat 2 depot LPG yang cukup besar. Pertama adalah depot LPG Balongan yang terletak di Balongan milik PT PERTAMINA ( PERSERO ) dengan kapasitas penimbunan 2.500 MT Yang kedua adalah depot swasta yang terletak di daerah Patrol milik PT Bhakti Mingas Utama dengan kapasitas penimbunan 10.000 MT. Kedua depot tersebut melayani LPG untuk kebutuhan masyarakat Jawa Barat  dan sebagian Jawa Tengah

Pendidikan Migas


Akamigas Balongan Indramayu
Untuk menunjang kegiatan migas, Indramayu mempunyai perguruan tinggi yang memiliki konsentrasi di bidang migas. Akamigas Balongan yang berdiri tahun 2002 dan mempunyai 2 buah kampus diharapkan bisa menghasilkan tenaga - tenaga profesional untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja bidang migas untuk dalam negeri maupun luar negeri.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang kota tercinta Indramayu Kota Minyak, semoga tulisan ini bermanfaat. Apabila ada kesalahan data, mohon menghubungi kami. Terima kasih

1 komentar: